JURNAL PENDIDIKAN SAUNG LITERASI HATI TAHUN 2022

 ISSN dilihat di :

JANUARI 2022

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LINTAS MINAT EKONOMI (SISWA KELAS XII MIA.3 SEMESTER GANJIL SMAN 1 KUBU TAHUN PELAJARAN 2019/2020)  - NI KOMANG ASTRIYANI DEWI -Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Kubu  -  Email: astriyanidewi2@gmail.com -Provinsi Bali -     Halaman 8

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya untuk merubah paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa dan juga prestasi belajar siswa yang cukup rendah di kelas XII MIA.3 semester ganjil SMA Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar lintas minat ekonomi pada siswa kelas XII.MIA 3 semester ganjil SMAN 1 Kubu tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran lintas minat ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 26 orang. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang meliputi kompetensi kognitif, terhadap penerapan model pembelajaran contextual Teaching And Learningpada mata pelajaran lintas minat ekonomi. Data kompetensi kognitif di kumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar siswa. Prestasi penelitian ini menunjukkan pada pra siklus rata-rata nilai kognitif siswa sebesar 68,21 dengan ketuntasan kelasikal sebesar 61,54%, pada Siklus I rata-rata nilai kognitif siswa sebesar 77,18 dengan ketuntasan kelasikal sebesar 76,92% meningkat pada siklus II rata-rata nilai kognitif siswa sebesar 85,64 dengan ketuntasan kelasikal sebesar 96,15%. Dilihat dari data tersebut maka dari pra siklus sampai siklus II telah terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 17,43 dan ketuntasan klasikal sebesar 34,16%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar lintas minat ekonomi siswa kelas XII MIA.3 semester ganjil SMA Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2019/2020.

Kata-kata kunci: Contextual Teaching and Learning, prestasi belajar.

 


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TIME, DAYS, DATE, MONTH MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BOJONGSOANG - DWI SISMIATUN -SMP NEGERI 1 BOJONGSOANG- Email: dwisismiatun72@gmail.com -Kabupaten Bandung - Provinsi Jawa Barat -Halaman 12

ABSTRAK

Penulis yakin mereka akan dengan mudah menerima pelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Bukan hanya itu, kemampuan logika anak akan lebih berkembang ketimbang mereka harus menghafal kata demi kata dan kalimat demi kalimat. Metode pengajaran/pemberlajaran yang dapat mengoptimalakan kedua belah sisi otak manusia tersebut adalah metode mind mapping (Peta Pikiran). Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Materi Time, Days, Date, Month Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bojongsoang Tahun Ajaran 2016/2017” Berdasarkan  uraian  yang  telah  dipaparkan  pada  BAB  terdahulu,  maka peneliti  membuat  kesimpulan  dari  hasil  penelitian  yang  dilakukan  di  SMP Negeri 1 Bojongsoang yaitu: “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Materi Time, Days, Date, Month Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bojongsoang Tahun Ajaran 2016/2017”. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dengan permasalahan yang sangat spesifik sekali yaitu perilaku kurangnya Prestasi Belajar Siswa, maka dalam proses dan jangka waktu yang tidak pendek, metode pembelajaran peta konsep tersebut berdampak positif bagi siswa yaitu siswa yang tersebut bisa meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Terbukti pada perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat dari pra siklus hingga siklus 2. Pada pra siklus di mana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah siswa yang mampu tuntas belajar hanya sejumlah 13 siswa, kemudian pada siklus 1 peneliti menerapkan metode pembelajaran  peta konsep, dan hasil dari siklus 1 adalah terdapat 27 siswa yang tuntas belajar. Pada siklus 2 masih dengan  metode pembelajaran peta konsep maka seluruh siswa Kelas VII F yang berjumlah 36 siswa, yang dapat  mencapai ketuntasan belajar adalah 31 siswa.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Mind Mapping


PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK SENANGNYA BELAJAR SURAH AN-NASHR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VIDEO BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI PROCOT 01 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - Fakhruroji - Guru Pendidikan Agama Islam SDN Procot 01 Kabupaten Tegal - Fakhru1977@gmail.com - Provinsi Jawa Tengah - Halaman 26

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 Siklus. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa-siswi Kelas III A Semester 1 SD Negeri Procot 01 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Indikator keberhasilan dinyatakan jika 80% siswa telah mencapai nilai 75, maka dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Video Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Senangnya Belajar Surah An-Nashr pada siswa Kelas III A Semester 1 SD Negeri Procot 01 tahun pelajaran 2021/2022.  Hasil penelitian menunjukkan melalui Penerapan Model Pembelajaran Video Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kelas III A Semester 1 SD Negeri Procot 01 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pra siklus hanya terdapat 11 siswa atau 42% yang tuntas dalam belajarnya, sedangkan 15 siswa atau 58% belum tuntas dalam belajarnya. Nilai terendah pada pra siklus siswa yaitu 45 sedangkan untuk nilai tertinggi adalah 80 dengan nilai rata-ratanya adalah 63. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 18 siswa atau 69% yang  tuntas belajarnya dan 8 siswa atau 31% belum tuntas. Nilai terendah siswa pada siklus I adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 100 dengan nilai rata-ratanya adalah 77. Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas adalah 24 siswa atau 92% dan siswa yang belum tuntas adalah 2 siswa atau 8%. Nilai terendah siswa pada siklus II adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100 dengan nilai rata-rata 88.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Video Based Learnin


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 1 MADAPANGGA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING - Siti Rahma- Guru IPA SMP Negeri 1 Madapangga- Email: Sitirahmah19731231@gmail.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat - Halaman 30

ABSTRAK

Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran adalah berbagai pilihan strategi pembelajaran oleh guru. Ketidaktepatan penerapan strategi pembelajaran akan menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk menyukai dan memahami materi pelajaran. Tidak sesuainya strategi pembelajaran yang digunakan, maka hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yaitu pembelajaran quantum teaching dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Quantum teaching merupakan suatu konsep yang menggambarkan cara-cara baru untuk mempermudah proses pembelajaran, melalui pramuka unsur seni dan pencapaian yang ditargetkan, terlepas dari mata pelajaran yang diajarkan. Quantum teaching menjadikan segala sesuatu bermakna dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (pengamatan), refleksi (reflection) atau evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas IX-D SMPN 1 Madapangga tahun ajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil jumlah siswa yang tuntas 20 siswa (58,8%) dengan nilai rata-rata 66,3 pada pra siklus meningkat signifikan menjadi 34 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 70,9 pada siklus I. siklus II siswa ketuntasan tetap sebesar 100% dan nilai rata-rata menjadi 73,2.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Quantum Teaching and Learning.


PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP BILANGAN BULAT SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 MADAPANGGA - Sri Suryani - SMP Negeri 1 Madapangga - Email: suryanisri413@gmail.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat - Halaman 35

ABSTRAK

Penelitian ini bertitik tolak dari munculnya permasalahan yang dialami langsung oleh penulis pada saat pembelajaran, yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat. Hal ini berakibat fatal terhadap pemahaman konsep dalam matematika, karena konsep bilangan bulat merupakan konsep dasar yang  mutlak harus dikuasai oleh siapapun yang mempelajari matematika. Pendekatan yang dipilih oleh penulis adalah pendekatan matematika realistik, yang bertitik tolak dari hal-hal yang nyata serta menekankan pada keterampilan proses of doing mathematics. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, yang berusaha mengkaji dan merefleksi suatu model pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kualitas (baik proses maupun produk) suatu pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, analisis, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (RPP dan LKS) dan instrumen pengumpul data yang terdiri dari instrumen tes (tes formatif dan tes sub sumatif) dan instrumen non tes(lembar observasi, jurnal siswa, angket dan wawancara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Madapangga setelah mendapatkan pembelajaran dengan apendekatan matematika realistik, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan realistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan respon positif siswa kelas IX-A. hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif yang menunjukkan peningkatan yang signifikan antar siklus. Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran ini. Hal ini terlihat dari sikap mereka yang antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik. Siswa yang semula kurang perhatian, lambat laun berubah menjadi konsentrasi, karena mereka merasa senang terhadap pendekatan matematika realistik ini. Dalam bekerja kelompok siswa juga tampak antusias berdiskusi dengan temannya. Hal ini mengindikasikan adamya respon positif dari siswa terhadap pendekatan matematika realistik.

Kata Kunci: Realistik, Pemahaman, Bilangan Bulat


MEMBANGUN  KREATIVITAS MEMBUAT DAN MENJAWAB SOAL SISWA KELAS IX-I SMPN 2 KATAPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI  MODEL  T2J (TUKAR TANYA JAWAB) DALAM PEMBELAJARAN PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP - Susilawati - SMP Negeri 2 Katapang Kabupaten Bandung - Email: susilawaticie@gmail.com - Provinsi Jawa Barat - Halaman 40

ABSTRAK

Kreativitas dalam diri siswa harus dapat terbentuk, terutama dalam mengolah hasil bacaan. Dalam membuat soal dan memberikan jawaban tentunya anak akan berusaha membaca dan memahami isi buku, kreativitas dalam memberikan pertanyaan dan jawaban  pada setiap orang memiliki cara yang berbeda. Kreativitas anak dalam membaca dan memahami pelajaran  yang dimiliki harus dirangsang dari cara guru dalam membawakan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Membangun Kreativitas membuat soal dan menjawab soal melalui T2J (Tukar Tanya Jawab). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi presentatif dengan menganalisis 39 siswa yang ada di kelas  IX-I. Kreativitas  Membuat dan Menjawab Soal dapat meningkat melalui T2J (Tukar Tanya Jawab) dalam pembelajaran Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Kata kunci : Kreativitas, Membuat Soal, Menjawab Soal, Model Pembelajaran T2J (Tukar Tanya Jawab).

PENGGUNAAN MEDIA “KARTU ELMU” PEMBELAJARAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MENDOBRAK KETERAMPILAN ABAD 21 - Hati Nurahayu - SMP Plus Al -Amanah - Email: nasrullahhati@gmail.com - Provinsi Jawa Barat - Halaman 54

ABSTRAK

Media Kartu Elmu sebagai salah satu media menerapkan keterampilan abad 21, dalam setiap pembelajaran untuk mendobrak dengan arti memberikan tindakan  untuk keterampilan abad 21 sehingga siswa dapat menjadi generasi yang seiring dengan  perkembangan  teknologi yang dibutuhkan. Ada empat unsur Keterampilan  Abad 21 harus dimiliki siswa. yaitu: Berpikir Kritis (Critical thinking)  dengan mengamati bagaimana  mereka kritis dalam menghadapi  permasalahan atau tugas yang diberikan guru; Kreatif (Creative) bagaimana siswa menggunakan  media agar  siswa memiliki  jawaban  yang kreatif, Kerjasama (Collaborative) dengan bagaimana  siswa dapat bekerjasama  dengan timnya dalam menyelesaikan tugas, dan Komunikasi  (Communication) bagaimana siswa memaparkan atau mengungkapkan  jawaban dari pertanyaan  dan mempresentasikan di depan kelas. Metode penelitian: metode penelitian  non eksperimen dari pengembangan model pengembangan FourD (4D)  dengan  penemuan diambil data secara deskriptif sebagai pembelajaran terbaik atau laporan pengalaman penulis dalam kelas.  Observer diambil satu orang sebagai rekan guru IPA, subjek penelitian  Siswa  kelas VIII D  SMP Plus Al-Amanah. Hasil Penelitian: Proses  pembuatan dan penggunaan mudah diterapkan, Nilai tes kognitif dari perhitungan sebesar 41 dengan kategori 77 . Pencapaian indikator Keterampilan Abad 21 sebesar 36 angka  dan  respon siswa  selama menggunakan media Kartu Elmu  memberikan tanggapan bahwa  media kartu elmu sangat menarik dan mereka senang saat mengunakannya, karena dapat memahami  isi materi yang ada dalam kartu elmu dengan beragam  cara yang guru berikan dalam penggunaannya dengan nilai respon Baik sebesar 87%.

 

Kata Kunci: Kartu Elmu, Cahaya dan Alat Optik, Keterampilan Abad 21.



UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PADA PROSES MENGAJAR MELALUI PROGRAM PEMBINAAN OLEH KEPALA SEKOLAH SDN 03 MUARO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Provinsi Sumatera Barat
Halaman 67

Abstract

As a school principal, you must be able to manage time efficiently, both for your own tasks and for the school as a whole. So that complaints of teaching and learning process activities can run effectively and efficiently. Therefore the researchers here want to carry out a coaching program for teachers so they can be disciplined. The coaching program is a process of assisting teachers in developing their ability to manage the learning process to achieve their learning objectives carried out by supervisors and principals. This research is a school action research (School Action Research). This research will be carried out at SDN 03 Muaro. The choice of this place is where the writer served as the principal of the elementary school. Research will be conducted in the odd semester of 2021/2022.In a period of approximately 1 month, with the concept of 2 times the implementation of the coaching program has a positive impact on the process of increasing teacher discipline in the teaching process. Coaching programs like this are very well suited to be applied to teachers. Thus efforts to improve teacher discipline in the teaching process in the teaching process through the coaching program by the Principal of SDN 03 Muaro are right on target. The results of the reflection on the implementation of the first cycle coaching program resulted in an observational score of 54. This has fulfilled the expected score of 47.2. The results of the reflection on the implementation of the cycle II coaching program resulted in a score of 81 meaning that the teacher's discipline in the teaching process was very good because it achieved a maximum score of 81. The results of the questionnaire also showed the same results as the observations, the score obtained in cycle I was 67 which was still far from the maximum score of 81, but the teacher has shown a change for the better in terms of discipline. the results of the questionnaire also showed a very good score of 81 with a maximum score of 81. This shows that the teacher's discipline in the teaching process is very good.

Keywords: Keywords: Teacher Discipline in the Teaching Process, Coaching Program

(*) Corresponding Author:      yurmailis69@gmail.com  (081363133797),

How to Cite: Yurmailis. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pada Proses Mengajar Melalui Program Pembinaan Oleh Kepala Sekolah SDN 03 Muaro Tahun Pelajaran 2021/2022

 
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGI TIGA DAN SEGI EMPAT
 
Ramadhan Annura Majid1), Sutarjo2), Indrie Noor Aini3)
1,2,3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan, Universitas Singaperbangsa Karawang
                                                    Email: 1ramadhanannura@gmail.com
                                                                     Halaman 73
Yurmailis
SDN 03 Muaro, Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung

ABSTRAK

Tujuan menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segi empat. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Subjek di ambil satu orang dari setiap kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian kemampuan pemahman konsep dengan skor lebih dari 26,90 dicapai oleh 4 siswa, skor 9,47 sampai 26,90 dicapai oleh 12 siswa, dan skor kurang dari 9,47 dicapai oleh 6 siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Segitiga dan Segiempat.

ABSTRAK

The purpose of analyzing and describing the ability to understand mathematical concepts of junior high school students on triangle and quadrilateral material. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out using tests and interviews. Subjects were taken one person from each category of high, medium and low. The results of the research on the ability to understand concepts with scores of more than 26.90 were achieved by 4 students, scores from 9.47 to 26.90 were achieved by 12 students, and scores of less than 9.47 were achieved by 6 students.

Keywords: Ability to Understand Mathematical Concepts, Triangles and Quadrilaterals.

MARET  2022

PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KAYEN, PATI  TAHUN PELAJARAN 2021/2022  - Endang Rahayu, S.Pd. - Guru PPKn SMP N 2 Kayen, Pati -endangrahayuppkn@gmail.com -Halaman 7


PENGGUNAAN APLIKASI FeGe SIMULATOR  DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PERSILANGAN DIHIBRID PESERTA DIDIK KELAS IX  SMP NEGERI 4 SINDANG INDRAMAYU -Hadi Sukamto -SMP Negeri 4 Sindang Indramayu -Hadisukamto72@yahoo.com -Jawa Barat - Halaman  10

 PENERAPAMODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULITEKS EKSPLANASI PADA KELAS VIII-A SMPN 1 MADAPANGGA  - Elyamarjan, S. Pd. -Email: elyamarjan6@gmail.com - Halaman 18

PENGARUMODEPEMBELAJARAKOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJATEKNIDASAPASSING BOLA BASKET DI KELAS VII-A SMPN 1 MADAPANGGA - ARIF, S. Pd. - Email: arieffarel86@gmail.com -Nusa Tenggara Barat -Halaman 23

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 DOMPU - Sri Irma Suriyani, S.Pd. -Guru SMP Negeri 6 Dompu -Nusa Tenggara Barat -Halaman 27

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN TEKNIK COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA (Penelitian di Kelas IX-D SMPN 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung) - Iis Widaningsih, S.Pd., M.M.Pd. -SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Badung Jawa Barat - iiswidaningsih 115@gmail.com -Jawa Barat -Halaman 33

 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 6 DOMPU - NurdinSMP Negeri 6 Dompu Jl. Lintas Lakey  Desa Kareke, Dompu, NTB - khairulamar10@admin.smp.belajar.id -Nusa Tenggara Barat -Halaman 45


MEI 2022

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAFLIPPED CLASSROOM  BERBASIS STRATEGI DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IP(Penelitian Tindakan Kelas di kelas VIII.B SMP Negeri 4 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Tahun  Pelajaran 2021/2022) -LIA MULYATI - SMP Negeri 4 Ngamprah -Emai: liamulyati9@guru.smp.belajar.id. -Provinsi Jawa Barat -Halaman 8

 PENERAPAN E-LEARNING DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA DAN RESPONS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI -(Penelitian Tindakan Kelas di TK SISWA KELAS XI MIPA3 SMA NEGERI 1 KUBU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022) -Ni Made Tirtawati -SMA Negeri 1 Kubu- Email: nimadetirtawati97@gmail.com -Provinsi Bali -Halaman 12

 MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA  MATERI ENERGI LISTRIK MELALUI  PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION  (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX-C SMPN  1  Bojongsoang  Bandung Tp. 2021/2022) -Yayan Inayah Shofwati - SMPN 1 Bojongsoang -Provinsi Jawa Barat-Halaman 18 

 UPAYA MENINGKATKAN  KOMPETENSI  GURU DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC MELALUI  SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI KALISAPU 03 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - Suparti - Kepala Sekolah SDN Kalisapu 03 Kab. Tegal -supartixsapu@gmail.com -Provinsi Jawa Tengah -Halaman  33

 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PROCEDURE TEXT MELALUI PEMBELAJARAN                    KONSTEKTUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI -Mulyana -SMP Negeri 1 Bantarsari Cilacap -  Muly42104@gmail.com -Provinsi  Jawa Tengah -Halaman  38    

     PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING  PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KROYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020-Mashudi -SMP Negeri 1 Kroya Cilacap -Hudi69mashudi@gmail.com -Provinsi Jawa Tengah -Halaman  48

 MENINGKATKAN UNJUK KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL  PADA MATERI BIOTEKNOLOGI  DI KELAS IXH   SMPN  1 PANGALENGAN  TAHUN PELAJARAN  2021/2022-Ine Tri Rahayu Handayani -SMP Negeri 1 Pangalengan -saungliterasihati@gmail.com -Provinsi Jawa Barat -Halaman 57

 MANAGEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SMP NEGERI 2 SAMPANG KABUPATEN CILACAP -Surip Ekowati, Asis, Eko Sucipto -suripekowati@gmail.comasisglempang@gmail.comhebatoke@gmail.com -SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten Cilacap -Halaman 69

    EVALUASI PROGRAM EXTRAKULIKULER PRAMUKA PADA MASA PANDEMI  DI SDN KALIDERES 12 PAGI - Endar Nugroho -SDN Kalideres 12 Pagi -Email: endar1593@gmail.com -Halaman 80

 IMPLEMENTASI  PEMBELAJARAN BERBASIS STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA -Titin Murtini, S.Pd. - Guru IPA di SMPN 1 Giri -Jl. Wijaya Kusuma 103, Banyuwangi, Jawa Timur -Surat elektronik: titinmurtini@gmail.com

 

JULI 2022

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 MADAPANGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 -Aminah - SMP Negeri 1 Madapangga - aminahkusnadin@gmail.com - Provinsi Nusa  Tenggara Barat -Halaman 7

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 4 KRAKSAAN KECAMATAN  KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021-Sayu Qomariyah - SMP NEGERI 4 Kraksaan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo - Sayuqomariyah37@gmail.com –Provinsi Jawa Timur - Halaman 11

MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA MATERI  SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA MELALUI GORESAN PENA SISWA DI KELAS 8B SMPN 1 DAYEUHKOLOT - TAHUN AJARAN 2021/ 2022 - Enalia Rostini - SMPN 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Email:saungliterasihati@gmail.com - Provinsi  Jawa Barat - Halaman  24

MENINGKATKAN  KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN  DALAM PEMBELAJARAN TEKS REPORT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IXE SMP NEGERI 2 DAYEUHKOLOT  KABUPATEN BANDUNG - Lina Nuraini - SMP N 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung - Email: linanuraini70@gmail.com - Provinsi Jawa Barat - Halaman  37

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP  MATERI MENCERMATI MANFAAT DAN HIKMAH STRATEGI DAKWAH DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA  PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XII MIPA.1 SMAN 6  KABUPATEN TANGERANG TAHUN PEMELAJARAN 2021-2022 -SUMARNI - Sumarniagus75@gmail.com - Provinsi Banten - Halaman 52

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA  SISWA KELAS 12 IBB  SMA NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PBL) TAHUN PEMBELAJARAN 20212-2022 - Unsa Maulana - SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang - Email : unsamaulana72@gmail.com - Provinsi Banten - Halaman 62

PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMBUATAN CERITA BERGAMBAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DI KELAS IXC SMPN 1 PANGALENGAN  UNTUK  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI  MANUSIA - Ika Rostika - SMP Negeri 1 Pangalengan - Email: ikar878@gmail.com -Provinsi Jawa Barat - Halaman 75

   

SEPTEMBER 2022


IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII-A SMP NEGERI 1 MADAPANGGA PADA MATERI LAPISAN BUMI - Nurwahidah, S. Pd.I. -SMP Negeri 1 Madapangga -Email: asyilahsajwaliah@gmail.com -Halaman 7

 

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAPEL IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INDUSTRI DI INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V

SD NEGERI WERU 04 TAHUN PELAJARAN 2021/2022-Riswanti, S.Pd. - SD Negeri Weru 04 -Tunggul RT.03 RW.09, Dusun III, Weru, Kec. Weru, Kabupaten Sukoharjo - Email: riswantiweru04@gmail.com -Halaman 14

 

UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WERU SUKOHARJO TAHUN 2019/2020 - Wiwik Tri Widyastuti, S.Pd. -SMP Negeri 1 Weru -Kec. Weru, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah -widyastutiwiwiktri@gmail.com -Halaman 22

 

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA  ISLAM   PESERTA DIDIK KELAS IX-A SMP NEGERI 1 MADAPANGGA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW -Siti Hazrah, S. Ag. - SMP Negeri 1 Madapangga -Email: sitihazrah01@gmail.com -Halaman 31


 

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN TEKS PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MADAPANGGA -Nurjanah, S.Pd. -SMP Negeri 4 Madapangga -Surel: nurjanahrade@gmail.com -Halaman 38

PENGGUNAAN METODE BIDIK DENGAN MEDIA KARCOK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS - Muji Astti, S.E. - SMP Negeri 2 Madapangga Kabupaten Bima Provinsi NTB -astuti.muji1980@gmail.com - Halaman 43

 

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA SISWA KELAS I  SD NEGERI SERUT 01 - TAHUN PELAJARAN 2021/2022- Ngantinah, S.Pd. -SD Negeri Serut 01 - Ds. Serut, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah -ngantinah71@gmail.com -Halaman 51

 

 

NOVEMBER 2022

 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK KISAH KETELADANAN SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW  MELALUI PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PAKEMBARAN 02 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - Subekhi, Arif Fajar - Guru Pendidikan Agama Islam SDN Pakembaran 02 Kab. Tegal - fajarsubekhi84@gmail.com, halaman 7-11

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF COURSREVIEW HORAY (CRH) -Sri Wahyuli, S. Ag. - Email: sriwahyuli76@gmail.comHalaman 12-16

 PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA  MELALUI MEDIA  AUDIOVISUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN  TREFINGGERMATERI TRANSFORMASI GEOMETRI SISWA KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI  BALUNG TAHUN  PELAJARAN 2022/2023 -Sugeng Ismanto -Email: sugengiswanto62@admin.sma.belajar.id. , halaman 17-32

 

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT KOMIK STRIP MELALUI PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI COMICA PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SIWALAN  TAHUN 2022/2023 -AHMAD MUTOHAR, S.Pd. -Guru Seni Budaya SMP 1 Siwalan - Pekalongan -Email: mutohar65@gmail.com, halaman 33-38

 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK LAMBANG SILA PANCASILA DAN LAFALNYA  MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT  PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PAKEMBARAN 02 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN-2021/2022 -                                  Handayani, Dina Fuji -Guru Kelas 1 SDN Pakembaran 02 Kab. Tegal -dinafuji5@gmail.com,  halaman 39-43

 

LEARNING BY DOING DENGAN CROSSWORD PUZZLE untuk MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BELAJAR AKTIF - Henny Sudaryanti, S.Pd.Guru Kimia SMKN 3 Kudus -izz4hadi @gmail.com, halaman 44 - 49

 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MELALUI PENERAPAN APLIKASI WHATSAPP  DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAKEMBARAN 02 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022-Karyawati, Suhesti -Guru Kelas V SD - Negeri- Pakembaran  02 suhesti.karyawati@gmail.com -Halaman 50-55

 

KONSEP MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS

Monika Bahari S.Sos, Dr.H Suklani, M.Pd. - / Manajeman Pendidikan -Email: monika.bahari.s.sos@gmail.com -Halaman 56-59





https://portal.issn.org/resource/issn/2579-3462

Comments